Selasa, 20 November 2012

RAHASIA SHOLAT FARDHU MENURUT ILMU KESEHATAN CINA

Diambil dari Sebuah Buku yang Berjudul : Keajaiban Shalat Menurut Ilmu Kesehatan China
Pengarang : Lukman Hakim Saktiawan (Guru Kungfu dan Praktisi Terapi Pengobatan Tradisional China)


Ternyata dalam waktu sholat fardhu yang di jalankan orang muslim tepat pada waktunya, terdapat rahasia-rahasia menakjubkan. Terutama pada siklus tubuh kita!

Menurut ilmu kesehatan Cina, tubuh manusia mengandung banyak medan elektrik yang setiap saat mengalir secara teratur, terus menerus tiada henti, dan bergerak secara aktif untuk membangkitkan dan meyesuaikan keseluruhan fungsi organ-organ penting manusia.

Berikut waktu-waktu sholat yang kita lakukan setiap hari menurut kaidah ilmu kesehatan Cina:

1. SHOLAT SUBUH = TERAPI PARU-PARU

Dalam ilmu kesehatan Cina, terapi paru-paru yang paling tepat adalah pada pukul 3.00 – 5.00 dini hari. Hal ini di sebabkan adanya unsur yang saling bersinggungan antara chi energi manusia dan chi energi alam sekitarnya. Dalam penyeimbangan sirkulasi energi panas (tubuh manusia) dan energi dingin (alam sekitarnya), terjadilah proses saling mengisi.

Penelitian mutakhir dalam ilmu Barat juga mengungkap manfaat kebiasaan bangun pada waktu subuh. Di temukan bahwa pada dini hari pada pukul 3.00-5.00 terjadi proses detoksin (pembuangan zat racun) di bagian paru-paru. Oleh karena itu, biasanya penderita batuk akan mengalami batuk yang hebat. Ini karena proses pembersihan (detoksin) telah mencapai saluran pernapasan. Penelitian ini menegaskan bahwa penjagaan pola makan dan pengaturan aktivitas sesuai dengan waktu metabolisme tubuh sangat penting agar tubuh kita dapat melakukan penyerapan dan pembuangan zat-zat yang tidak berguna sesuai jadwalnya.

Oleh karena itu, jelaslah manfaat yang kita peroleh dengan melaksanakan sholat subuh. Dengan menghirup udara yang masih murni, di tambah melakukan wudhu dan sholat dengan gerakan yang benar, kita telah melakukan beberapa terapi yang bermanfaat untuk kesehatan.

2. SHOLAT DHUHUR = TERAPI JANTUNG DAN USUS KECIL

Waktu pelaksanaan sholat Dhuhur sangat sesuai dengan kaidah ilmu kesehatan Cina yang berpendapat bahwa berdasarkan sirkulasi chi, waktu yang tepat untuk melakukan terapi organ jantung adalah pada pukul 11.00 sampai dengan pukul 13.00. Dengan melakukan sholat waktu itu sebagai sebuah bentuk relaksasi, panas jantung yang berlebihan akibat aktivitas kita sehari-hari bisa menjadi normal kembali dan peran dari usus kecil dalam metabolisme dan pengaturan air tubuh bisa bekerja. Sehingga tubuh kita yang penat dan pikiran kita yang sumpek akan tersegarkan kembali dan siap melanjutkan aktivitas.

3. SHOLAT ASHAR = TERAPI KANDUNG KEMIH

Dalam ilmu kesehatan Cina, pukul 15.00-17.00 merupakan waktu yan tepat untuk melakukan terapi kandung kemih kerena pada saat itu mulai terjadi kesesuaian secra perlahan antara hawa tubuh manusia dan hawa di sekitarnya. Pada waktu itu, lingkungan alam sudah mengalami penurunan suhu udara yang mulai masuk dalam tahap keseimbangan panas dan dingin. Panas dari sinar matahari sudah mulai berkurang, dan ini sesuai dengan sifat organ kandung kemih di dalam tubuh manusia.

Dalam ibadah sholat Ashar bermanfaat untuk meningkatkan daya kerja kandung kemih sehingga dapat lancar mengeluarkan racun yang di akibatkan oleh proses kimiawi tubuh. Aktivitas kita sepanjang siang telah mengumbpulkan energi panas. Sholat Ashar, yang merupakan aktivitas fisik yang membantu relaksasi dan aliran chi, dilakukan pada waktu mulai menurunnya hawa di lingkungan sekitar kita. Ini membantu proses kerja jantung dalam melepaskan energi panasnya agar di buang melalui salah satu cairan yang dialirkan lewat kandung kemih.

4. SHOLAT MAGHRIB = TERAPI GINJAL

Oleh karena ginjal merupakan reservoir (penampung) sifat dingin (Yin) dan sifat panas (Yang) dasar tubuh, ketidak beresan apa pun dalam hawa tubuh jjika cukup kronis pasti melibatkan ginjal. Ginjal memainkan peran penting dalam metabolisme air dalam tubuh.

Ditinjau dari ilmu pengobatan Cina, waktu pelaksanaan sholat Maghrib antara 17.00-19.00 merupakan waktu yang tepat untuk melaksanakan terapi organ ginjal. Dengan meningkatkan fungsi ginjal. Waktu Maghrib adalah saat-saat hawa udara semakin menurun, dan sistem organ juga mulai menyesuaikan diri dengan energi sekitarnya. Pada waktu Maghrib, aktivitas kita juga menurun. Dengan melakukan gerakan-gerakan sholat, tubuh akan menyesuaikan diri dengan hawa di sekitar, dan ini akan membuat eneri panas dalam tubuh selalu terjaga agar tetap seimbang.

5. SHOLAT ISYA = TERAPI PERIKARDIUM DAN TRIPLE BURNER

Perikardium dan Triple Burner merupakan dua organ yang berpasangan. Meskipun perikardium tidak mempunyai fungsi-fungsi fisiologis yang terpisah, pada umumnya perikardium dianggap berhubungan dengan delirium (mengigau) yang disebabkan oleh sakit demam yang hebat.

Fungsi perikardium adalah membuang kelebihan energi jantung dan mengarahkan pada titik Laogong yang terletak pada pusat telapak tangan. Dari Laogong, kelebihan energi akan di lepaskan secra alamiah sehingga terciptalah stabilitas tingkat energi jantung. Titik Laogong di gunakan dalam ilmu kesehatan Cina untuk mengurangi suhu tubh selama terkena sakit Demam.

Pada pukul 19.00-21.00 adalah waktu yang tepat untuk terapi organ perikardium ini menurut ilmu kesehatan Cina. Pada waktu itu, hawa sudah mulai lebih rendah daripada hawa tubuh manusia. Maka, perlu dilakukan penyesuaian sistem energi di dalam tubuh manusia untuk bisa menyesuaikan diri dengan hawa sekitarnya.


“Dengan mengerjakan sholat lima waktu, kita hidup harmonis dengan alam semesta”