Senin, 19 November 2012

KALIMAT YANG PALING DICINTAI ALLAH

1) Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya meriwayatkan dari hadis amurah bin Jundab r.a., ia berkata:

Rasulullah SAW, bersabda:

"Kalimat yang paling dicintai Allah Ta'ala ada empat. Engkau tidak ada salah memulai dari kalimat mana saja: Subhanallah, Al-Hamdulillah, La Ilaha Illallah, dan Allahu Akbar."


2) Imam Muslim dalam kitab Shahih-nya meriwayatkan dari hadis Abu Hurairah r.a., ia berkata:

Rasulullah SAW, bersabda:

"Membaca, Subhanallah, Al-Hamdulillah, La Ilaha Illallah, dan Allahu Akbar itu lebih aku cintai dari segala sesuatu yang tersinari matahari."


Di dalam Kitab Musnad Al-Imam Ahmad dan Sya'bul Iman karya Baihaqi dengan sanan jayyid (baik), terdapat riwayat dari Ashim bin Bahdalah, dariAbu Shalih, dari Ummu Hani binti Abu Thalib, ia berkata, "Rasulullah menghampiriku lalu aku berkata: aku telah tua dan lemah-atau seperti perkataannya, jadi perintahkan kepadaku suatu amal yang bisa aku kerjakan sambil duduk. Beliau menjawab :

"Bertasbihlah seratus kali (membaca Subhanallah (Maha Suci Allah)), karena ia bagimu sebanding dengan memerdekakan seratus budak dari keturunan isma'il.

Pujilah Allah dengan seratus kali tahmid (membaca Al-hamdulillah (Segala Puji Bagi Allah)), karena ia bagimu sebanding dengan pahala orang yang bersedekah seratus kuda yang ditambat dan diberi tali kekang yang digunakan untuk mengangkut para mujahid di jalan Allah.

Agungkanlah Allah dengan seratus kali takbir (membaca Allahu Akbar (Allah Maha Besar), karena ia bagimu sebanding dengan pahala menginfakan seratus badanah (unta gemuk) yang dikalungi (sebagai tanda untuk dikorbankan) dan diterima korbannya.

Dan bacalah tahlil seratus kali (mambaca La Ilaha Illallah (Tidak Ada Tuhan Selain Allah)) - Ibnu Khalaf (parawi) dari Ashim) menagtakan,: kami kira, beliau bersabda : Tahlil bisa memenuhi antara langit dan bumi. Pada hari itu, amal seseorang tidak diangkat kecuali ia pasti membawa seperti yang kau bawa."

3) At-Tirmidzi meriwayatkan dari Abdullah bi Mas'ud r.a. dari Nabi SAW, bersabda :

"Aku bertemu dengan Ibrahim pada malam ketika aku diisra'kan. Lalu Ibrahim berkata kepadaku, Wahai Muhammad, sampaikan salamku kepada umatmu, dan beritahulah mereka bahwa surga itu baik tanahnya, tawar airnya, dan bahwa surga itu adalah qi'an (tempat yang luas dan subur), yang tanamannya adalah Subhanallah, Al-Hamdulillah, La Ilaha Illallah dan Allahu Akbar."